Pesawat CN-235 Lengkapi Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut di Surabaya

0
49

SURABAYA, infotangbar.com – Pesawat CN-235 MPA bagi Puspenerbal sangat penting. Karena pesawat ini sebagai Pesud patroli maritim menggantikan pesawat Nomad N-22 /N-24yang sudah di Dispose. Hal ini dikatakan Komandan Puspanerbal Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan, SH.

Dikatakannya, Pesawat CN-235 MPA akan bertugas untuk melaksanakan pengintaian misi intai taktis dan pengamatan laut, Selasa (14/005/2019).

“Selain itu, memperkuat jajaran Skuadron 800 Wing Udara 2 Puspenerbal guna mendukung tugasnya Koarmada I, II dan III dalam melaksanakan Patroli Udara Maritim yang akan di BKO kan ke satuan penggunanya yaitu Guskamla ataupun Guspurla,” katanya.

Saat ini, Puspenerbal membina 3 Patmar jenis NC-212 Casa dan 5 CN-235 MPA. Namun ke depan, TNI AL masih banyak membutuhkan Pesud Patmar yang untuk memenuhi kebutuhan operasi Koarmada.

“Kemampuan pesawat CN-235 MPA yakni melaksanakan misi Inteligence, Surveillance dan Recognition. Kemampuan tersebut harus sejalan dengan penajaman fungsi Penerbangan TNI AL yaitu Pesud yang dapat digunakan untuk melaksanakan misi intai taktis dan pengamatan laut,” jelasnya.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here