SMP-SMA Al Karim dan Terbitanbanten.com Gelar Diklat Jurnalistik

0
173

TANGERANG, infotangbar.com – Yayasan Pendidikan Al Karim yang mengelola SMP-SMA Al Karim mengadakan diklat jurnalistik dan menulis, Jumat (17/5). Kegiatan yang diadakan di sekolah itu diikuti oleh 30-an siswa dan menjadi salah satu rangkaian kegiatan Pesantren Kilat.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Yayasan Al Karim H. Hules. Dalam sambutannya, lulusan UIN Syarif Hidayatullah tahun 1990 ini mengatakan, sejak dini remaja harus punya bekal keahlian. Salah satu diantaranya yang harus dikuasai adalah kemampuan menulis dan jurnalistik.

“Sebab, kemampuan menulis itu sekarang banyak dibutuhkan berbagai pekerjaan. Tidak sebatas untuk berkarir jadi wartawan saja, tapi dibutuhkan pada bidang lainnya,” ujar H. Hules.

Di sisi lain, dia berharap para anak didiknya juga punya ketrampilan menjadi wartawan. “Sehingga ke depan, para siswa dapat mengembangkan kemampuan baik sebagai wartawan maupun freelance di media massa,” harapnya.

Saat mengisi materi diklat, Penimpin Redaksi terbitanbanten.com dan infotatangbar.com Ananta Putra mengatakan, untuk menjadi wartawan, seseorang harus suka tantangan. Selain itu punya passion menulis dan kritis serta mudah bergaul. “Yang tidak kalah penting, wartawan itu harus kepo, artinya punya rasa ingin tahu yang tinggi. Karena naluri ini akan menjadi bekal ketajaman dalam menulis,” ujarnya.

Di sisi lain, dia juga mengulas tentang media online. Saat ini, katanya, media online lebih disukai karena kecepatannya dalam menyajikan berita. “Media jenis ini makin diminati karena dalam penyajiannya tidak sebatas tulisan. Tapi bisa berupa paduan tulisan dan gambar, audio, video, dan grafis,” katanya.

Dia menyebut, wartawan online adalah wartawan masa depan. Karena itu, untuk terjun di dalamnya seseorang harus punya skill lebih. Tidak sekedar bisa menulis, tapi menguasai multimedia. “Jadi, nggak gaptek, paham medsos, punya skill foto dan video, syukur-syukur memang sudah biasa nge-blog dan nge-vlog,” ungkapnya. Di akhir sesi juga diadakan pelatihan menulis berita untuk media online.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here