Kades Patrasana Tangerang Bagikan 2000 Bebek Sekaligus Latih Usaha Ternak

0
201

TANGERANG, infotangbar.com – Desa Patrasana terus melakukan upaya peningkatan perekonomian warga. Setelah sebelumnya memberikan bantuan 80 ekor kambing kepada warga untuk diternak, kini, Kepala Desa (Kades) Patrasana Muhamad Naning membagikan 2.000 ekor bebek.

Hewan ternak ini dibagikan kepada warga melalui kelompok ternak di masing-masing Kejaroan/Dusun. “Peluang ternak bebek sangat baik. Produksinya bisa daging dan telur. Semuanya sama-sama potensial. Makanya kami kembangkan di Patrasana,” ujar Naning seraya mengatakan untuk pengadaan bebek ini dananya diambil dari dana desa.

Melalui program ini, harapan Naning, tidak saja untuk mengembangkan usaha ekonomi rakyat mandiri, tapi sekaligus untuk penyediaan gizi masyarakat. “Kalau memelihara bebek, minimal gizi keluarga tercukupi. Karena bebek yang dipelihara bisa menghasilkan telur setiap hari,” ungkapnya.

Bahkan, kata Naning, jika warga mau mengembangkan ternak bebek ini dengan maksimal, bisa menjadi sumber penghasilan utama keluarga.

Selain membagikan bebek, pihak Desa Patrasans juga sekaligus memberikan pelatihan cara beternak. Hal yang dilatih mulai semua hal yang berkaitan dengan proses pemeliharaan, menyiapkan pakan, menetaskan, hingga pengolahan aneka makanan dari bebek.

Kepada para kelompok ternak yang mendapat bantuan bebek, Naning berharap agar warga dapat melakukan pemeliharaan secara maksimal sehingga dampaknya penghasilan keluarga meningkat.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here